Mancal Lembusuro 7 September 2013

Lembusuro secara administrtif masuk desa Gadungan kecamatan Garum kabupaten Blitar, untuk melihat gambaran dimana itu desa gadungan dan beberapa desa di sekitarnya yang dilalui mancal, silahkan download Batas desa Gadungan (merah pada gambar dibawah ini). Untuk tracklog loading dan mancal silahkan download disini. Ada dua tracklog yang berbeda pertama tracklog loading menggunakan pickup(biru), yang kedua mancal(hijau).

Kita lihat penampakannya

Garis biru adalah tracklog loading dari warung peel mbok bari 6 sampai pick up tidak bisa naik lagi. Garis Hijau adalah tracklog mancal kearah utara menanjak sampai point tertinggi. Dari point tertinggi turun melalui single track sebelah barat dari jalur naiknya.
=====================================
Kita lihat gambaran uphill dari 709 mdpl ke 950 dpl , pickup hanya sampai dititik unloading tidak bisa naik lebih tinggi lagi. Dari unloading sampai titik tertinggi masih bisa dipancal sedikit di tuntun. Dari titik tertinggi turun sampai titik unloading merupakan single track dengan beberapa berm, di jalur ini harus waspada karena ada beberapa akar pohon yang melintang di tengah jalan, jalur ini juga jalur ngarit pencari rumput  .. .. ..
Untuk yang pertama kali kesini sebaiknya jangan ngebut di sini, tapi kalau sudah mengenal track, silahkan bermanouver menikmati berm .. ..


Elevasi dari unloading ke titik tertinggi

Elevasi single track dari titik tertinggi ke pertigaan di atas titik loading.



Ada pertanyaan,  apa bener sudut tanjakannya sebesar itu ???
Kit aumpamkan jarak 2,5km=2500m sebagai sumbu horisontal, ketinggian (950-710)m=240m.
tan x =240/2500=0,096, x= arc tan 0,096=5,48 .. .. itulah sudut rata tanjakan 5,48 derajat.
==============================

Turunan selanjutnya sepanjang 2,59 km disinilah turunan favorit, jalur yang relatif lurus, jalan tanah hampir tidak ada batu relatif aman bila terjatuh, Tidak berdebu meskipun musim kemarau karena kiri dan kanan jalan banyak pohon yang rindang sehingga tidak kering tapi cenderung basah oleh embun tiap pagi.



Kita lihat elevasi turunan favorit



Turun dari 741 m ke 541 m sepanjang 2,59 km, dengan cara di atas silahkan dihitung sendiri sudut elevasinya.

Untuk foto silahkan di nikmati di

20130907 mancal Lembusuro on G+


Cerita ini juga sebagai FR untuk Koskas Malang  .. .. ..

Bila ada kritik,saran dan pertanyaan, silahkan tulis dikomentar, atau emai mawardi.arief@gmail.com , atau telp di 08883360066.

Salam Mancal




Comments

Popular posts from this blog

Soal dan Jawaban UH Tentang Startegi Bola Besar

SOAL PAT PJOK XI-2 DENGAN JAWABAN

Karya kelas 11-IPA-4 PPNI Februari 2023